Sabtu, 01 Juni 2013

III. PEMELIHARAAN BIBIT TEMBAKAU

              Pemeliharaan pembibitan meliputi penyiraman, pemupukan, pengaturan naungan,penjarangan mulsa, penyiangan, penjarangan tanaman, pengendalian hama dan penyakit danseleksi bibit. Penyiraman pada pembibitan harus dilakukan secara intensif untuk memperolehpertumbuhan bibit yang baik.  Waktu dan volume penyiraman pada pembibitan seperti tertera pada tabel berikut :
WAKTU DAN VOLUME PENYIRAMAN
PADA PEMBIBITAN TEMBAKAU
Keterangan : HSS = Hari Setelah Sebar 
           Pemupukan bedengan semai dilakukan 3-4 hari sebelum penaburan benih. Dosis pemupukan adalah 35 g ZA, 100 g SP-36 dan 20 g ZK per m2 bedengan. Atau dapat digunakan pupuk majemuk NPK dengan dosis 0.1 ± 1 kg/m2 bedengan. Pupuk ditabur merata di atas bedengan dan dicampur dengan lapisan tanah atas.

             Penjarangan bibit (reseting) perlu dilakukan untuk menghindari kelembaban yangberlebihan karena bibit terlalu padat yang dapat menimbulkan serangan penyakit rebah kecambah atau lanas. Disampig itu penjarangan juga diperlukan agar bibit tidak mengalami etiolasi dan tidak terjadi persaingan unsur hara sehingga bibit tumbuh dengan vigor seragam. Reseting dilakukan pada umur 21 hari. Seleksi bibit dilakukan tiga kali yaitu pada umur 10 ± 13 hari, 20 ± 23 hari dan 33 hari. Bibit siap salur memiliki kriteria umur 38 ± 40 hari, tinggi bibit 10 ± 12 cm, diameter batang 0,8± 1 cm, jumlah daun 5 -6 lembar, warna daun hijau dan tanaman sehat. Pencabutan bibit dilakukan pada pagi atau sore hari dengan menyiram bedengan sebelumnya. 

                
                 
 

Tidak ada komentar :

Posting Komentar